1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3



Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif. 

Di tahap ini, Bapak/Ibu diminta untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan berikut:

Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?

Alhamdulillah, setelah belajar dari beberpa materi yang sudah dipelajari hingga saat ini. mulai dari modul 1.1 (Refleksi filosofis pendidikan nasional-KHD), modul 1.2 (nilai-nilai dan peran guru penggerak), hingga modul 1.3 (visi guru penggerak). saya mengerti bahwa semuanya diharapakan akan berorientasi/berpusat dan atau memihak pada murid.

Guru diharapkan memberikan pembelajaran yang memerdekakan, menyenangkan dan membahagiakan baik pada murid dan tak terkecuali pada guru itu sendiri. Mengapa? Karena dengan demikian akan ada harapan terciptanya pelajar yang berkarakter (profil pelajar pancasila). Nantinya di dalamnya mengandung dimensi; beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlaq mulia, berkebhinikaan global, gotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis.

Penggunaan pendekatan inkuiri apresiatif, akan menemukan hal apa saja yang menjadi potensi di lingkungan sekolah. Selain itu akan dilakukanya pemetaan aset-aset yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk kepentingan murid. sehingga potensi-potensi yang ada pada murid maupun sekolah dapat mendukung untuk mewujudkan visi/harapan kedepan.

Letak sekolah yang berdekatan dengan persawahan, nuansa religius orang Madura pada khusunya, persaingan antar lembaga dalam prestasi, dan lingkungan yang asri, menjadi potensi dan tanntangan yang harus diwujudkan.

Besar harapan yang saya inginkan dari Murid dan sekolah. murid memiliki karakter kuat selaras dengan profil pelajar pancasila, tangguh dan berkompetensi dengan sehat. untuk sekolah, harapan saya, menjadi tempat yang menyenangkan, Guru dan murid merasa bahwa sekolah adalah rumah kedua karena dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung segala aktivitas pembelajaran. diisi oleh guru-guru yang berintegritas memiliki nilai dan peran guru, sehingga semuanya sama-sama bersinergi dan bergotong royong untuk mewujudkan keinginan atau harapan tersebut.

 

Harapan-harapan tersebut tentunya perlu dirumuskan dalam sebuah visi. Impian yang mulia ini agar bisa terwujud diperlukan langkah-langkah atau misi. harus dimulai dari hal-hal yang kecil, dari mengevaluasi langkah-langkah yang diambil, kemudian mengubah menjadi langkah-langkah yang lebih besar. 

Langkah kecil untuk mewujudkan visi- murid berkarakter (beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlaq mulia) dengan program pembiasaan muroja'ah alquran diawal sebelum pembelajaran jampertama, sholat duha dan duhur berjamaah secara terjadwal bergantian tiap kelas.

Membiasakan murid untuk menundukkan kepala ketika bertemu dengan guru atau temannya disamping mengucapkan salam dan bersalaman seperti Guru menyambut siswa didepan pagar setiap pagi untuk menerapkan 5S, Salam, sopan, santun, senyum, sapa. merapikan bangku, menata buku diperpustakaan, dan merapikan baju atau seragam yang dikenakan. 

Tak kalah penting untuk kegiatan pembelajaran berbasis IT, pembiasaan etika dalam bermedia sosial. penggunaan kata "OK" diganti dengan kata baik, "p" dengan Assalamualaikum dll.  aksi nyata bisa membuat sarasehan tentang media digital untuk pembelajaran dikelas dan banyak kebaikan lainya yang bisa kami gali kembali setelah melakukan kolaborasi didunia nyata.

Tibalah dibagia akhir narasi ini yaitu dari uraian-uraian yang terpapar dan berdasar penggunaan inquiri apresiatif dapat dirumuskan sebuah visi yang akan menjadi penyemangat.

 

Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!

"MENCETAK GENERASI BERADAB, TERAMPIL DAN BERWAWASAN GLOBAL YANG CINTA LINGKUNGAN"

Komentar

Postingan Populer