Struktur Sel


Sebelumnya untuk Gaya belajar AUDIOTORI bisa download dulu aplikasi Google Go dengan KLIK DISINI agar konten ini disajikan dalam bentuk suara 🙏 setelah mendownload langsung buka atau salin tautan ini pada aplikasi Google Go 👍 selamat mencoba, selamat belajar 🫡 💪

Pernah nggak mengamati salah satu bagian tubuh? Ya apapun yang kalian lihat dari bagian tubuh adalah jaringan yang tersusun dari sel-sel.

Definisi dari sel adalah unit terkecil dari sebuah organisme atau makhluk hidup. Sel merupakan unit struktural dan fungsional dasar organisme, sama seperti atom dalam struktur kimia. Sel dapat menentukan daya tahan dari makhluk hidup.

Zat yang menyusun sel terdiri dari senyawa organik dan anorganik. Unsur anorganik sel terdiri dari karbon, hidrogen, nitrogen, dan oksigen. Sedangkan unsur organik berupa struktur yang kompleks mulai dari intisel, ribosom, dan lainnya.

Struktur Sel

Mengutip modul pembelajaran Kegiatan Belajar Sel Tumbuhan dan Hewan oleh Cicik Suriani dkk, diterangkan bahwa secara struktural, komponen penyusun atau struktur sel adalah:

1. Dinding Sel

Dinding sel dimiliki oleh tumbuhan dan tidak dimiliki oleh hewan. Dinding sel memiliki ketebalan yang berbeda sesuai dengan umur dan tipe sel. Sel yang masih muda biasanya memiliki dinding tipis dan sel dewasa memiliki dinding tebal.

Melihat struktur dan perkembangannya, dinding sel dibedakan menjadi tiga bagian yakni lamela tengah, dinding sel primer dan dinding sel sekunder. Pada tumbuhan, lamela tengah ini ada, begitupun dinding sel primer dan sekunder.

2. Membran Plasma

Membran plasma adalah selaput terluar sel yang disusun oleh molekul lipoprotein dan molekul yang menyempurnakan struktur membran plasma. Selain itu, pada membran plasma pun terdapat kolesterol. Membran plasma memiliki tebal sekitar 7,5 – 10 nm.

3. Fosfolipida

Membran plasma terdiri atas fosfolipida bilayer yakni dua lapisan lemak yang berikatan dengan fosfat. Fosfolipida adalah molekul fosfat dan molekul lemak yang mirip dengan kepala dan ekor. Adapun fosfat memiliki sifat hidrofilik sedangkan lipida memiliki sifat hidrofobik.

4. Protein Membran

Protein membran adalah protein yang ada pada membran sel . Protein dalam fosfolipid bisa berjumlah lebih 50% dari berat membran tersebut.

5. Nukleus atau Inti Sel

Nukleus atau inti sel adalah komponen sel bermembran yang memiliki bentuk bulat atau lonjong. Letak nukleus terdapat di sitoplasma bagian tengah, tetapi pada sel tumbuhan nukleus terletak agak ke tepi sitoplasma.

6. Retikulum Endoplasma (RE)

Retikulum endoplasma atau disingkat RE merupakan vesikel atau kantung yang memiliki bentuk pipih, bundar, atau tubuler. RE memiliki selapis membran dan berhubungan dengan membran inti juga membran plasma sehingga berfungsi sebagai penghubung antara bagian luar sel dengan bagian dalam sel.

7. Badan Golgi

Badan golgi banyak ditemukan pada sel-sel yang melakukan fungsi ekskresi. Badan golgi pada sel tumbuhan disebut juga sebagai diktiosom . Struktur badan golgi memiliki dua permukaan yakni permukaan luar berbentuk cembung dan permukaan dalam berbentuk cekung.

8. Lisosom

Lisosom merupakan salah satu organel sel yang berbentuk kantong (bola) dengan diselubungi oleh selaput. Isi dari lisosom adalah enzim hidrolitik yakni glukosidase, fosfolipase, protease, nuklease, lipase, fosfatase.

9. Mitokondria

Mitokondria adalah organel sel tempat berlangsungnya respirasi sel pada makhluk hidup. Bentuk dan jumlah mitokondria di dalam sel dapat berbeda tergantung tipe atau aktivitas sel. Mitokondria banyak terdapat pada sel yang memiliki aktivitas metabolisme yang tinggi.

10. Ribosom

Ribosom adalah organel bermembran, memiliki isi untai RNA dan protein yang bermacam-macam, karbohidrat, sedikit lemak dan mineral. Struktur ribosom terdiri dari 2 bagian yakni sub unit kecil dan subunit besar.



Jenis Sel

Dalam buku Dasar-Dasar Biologi Sel & Molekuler oleh Zairin Thomy dan Essy Harnelly (2018), disebutkan bahwa jika dilihat dari struktur, secara umum sel dibedakan menjadi dua kelompok yaitu sel prokariotik dan eukariotik.

Ciri khas dari masing-masing kelompok adalah, pada sel prokariotik tidak ada membran inti sedangkan dalam sel eukariotik terdapat membran inti.





1. Sel Prokariotik

Struktur utama dalam sel prokariotik adalah dinding sel, membran plasma sel, ribosom dan nukleoid (bahan genetik). Kelompok sel prokariotik antara lain adalah bakteri dan mikoplasma.

Ciri dari sel prokariotik adalah:

Memiliki dinding sel

Ukuran sel sekitar 1-10 mm

Ukuran ribosom 70S

Metabolisme terjadi secara anaerobik

DNA terletak di sitoplasma

RNA dan protein disintesis di ruang yang sama

Tidak terjadi meiosis

Sebagian besar merupakan organisasi seluler


2. Sel Eukariotik

Struktur pada sel eukariotik jelas berbeda dengan sel prokariotik. Pada sel eukariotik terdapat karion dan nukleus. Dalam nukleus tersebut didominasi oleh DNA. Contoh organisme yang selnya eukariotik adalah tumbuhan dan hewan.

Ciri dari sel eukariotik adalah:

Dinding sel terdapat pada tumbuhan, namun tidak pada hewan

Ukuran sel sekitar 10-100 mm

Ukuran ribosom 80S

Melakukan metabolisme secara aerobik

Organela yang terkandung di dalamnya antara lain nukleus, mitokondria, kloroplas, retikulum endoplasma, dan lainnya

DNA terletak di nukleoplasma

Terjadi meiosis

Sebagian besar multisel, dengan diferensiasi menjadi beberapa jenis sel





Komentar

Postingan Populer