Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial & Emosional ROUND ROBIN

 

Bismillah, Alhamdulillah... Akhirnya sampai di akhir modul dan waktunya membuat rangkuman berupa refleksi jurnal Dwi Mingguan...  Kali ini saya mencoba model ke 9 yaitu GAYA ROUND ROBIN. Maka dari itu desain kali ini saya ke arah Robin karakter komik dari DC Comics. Yuk langsung saja sebelum pemaparan boleh kenalan dulu 🙏

Perkenalkan...




Model 9: Gaya Round Robin



Berikut panduan pertanyaan untuk membuat refleksi model ini:

1) Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya?

Hal yang saya kuasai dalam pembelajaran ini adalah tentang kontrol emosi dan bagaimana membangun relasi baik dengan guru bahkan murid. Selain itu saya juga sangat berkomitmen penuh tentang tanggung jawab dalam apapun pilihan yang saya ambil dalam berproses baik dalam ekosistem sekolah hingga hidup ini untuk terus meng-upgrade diri menjadi pribadi yang lebih baik bahkan terbaik.

Saya merasa menguasainya karena dari para murid dan guru yang memberikan komentar dan curahan hati dengan jawaban positif. Saya mengajar lebih santai dan sudah mencoba berdamai dengan diri dan lingkungannya untuk menerapkan kesadaran penuh. Saya sangat ingin dan yakin dan Alhamdulillah semuanya sudah berjalan dengan baik dan semoga bisa menginspirasi yang lain untu menerapkan hal yang serupa dan lebih baik. Selain itu komentar dari Bapak Fasilitator yaitu Bapak Nur Muhammad dalam kolom komentar LMS tentang unggahan RPP ber-KSE saya, beliau memberikan komentar yang positif. Ibu pengajar praktik yaitu ibu Umriyah pun memberikan komentar yang luar biasa. Dengan semua ini saya sudah yakin bisa untuk menerapkan KSE dengan baik dan menyenangkan pastinya.


2) Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Hal yang belum saya kuasai adalah tentang penerapan KSE pada bagian antara kesadaran diri dan manajemen diri. Mengapa demikian? Karena jika kita kurang tepat dalam mengambil langkah dalam proses penerapannya maka akan ada kemungkin tertukar Karena kemiripannya. Harus lebih teliti dan menekankan karakteristik tiap KSE yang ada, harus terus mencoba hingga terbiasa dan bisa. semangART!



3) Apa hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan

Membuat rancangan proses KSE pada rekan sejawat karena saya masih mencoba dari awal dan melakukan observasi awal sebelum berkolaborasi dan merancang kegiatan yang baik dalam melakukan proses KSE di sekolah khususnya rekan sejawat. Bingung untuk melakukan langkah setelah melakukan observasi awal, bingung dalam melihat peluang apa saja yang belum dan sudah dilakukan yang didalamnya sebanrnya sudah terselip KSE dan yang paling membingungkan adalah jika belum berhasil meski sudah menggunakan langkah BAGJA hal apa yang harus saya gali lagi untuk penerapan KSE yang berkelanjutan hingga menjadi budaya positif sekolah.



Komentar

Postingan Populer