Mengenal Resolusi Layar dan Piksel






16 Lovely baby chicken emoji gifs free download | Stickers, Hình gif, Khủng  long

Ketika membaca spesifikasi laptop atau handphone, sering kita lihat informasi tentang resolusi layar dan ketajaman gambar yang biasanya ditulis dengan 1920 x 1080, FHD, ppi, dll. Mungkin masih banyak kurang paham dengan istilah-istilah teknis itu. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahasnya.

 

Secara sederhana, ukuran dan istilah itu menggambarkan bagaimana kualitas gambar yang muncul di ukuran layar yang bersangkutan. Jadi misalnya, ketika saya melihat spesifikasi Motorola Moto E3 Power dan membaca keterangan ukuran layar 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 pixel ~294 ppi, saya bisa menilai bahwa kualitas gambar yang tampil “lumayan bagus”.

 

Supaya lebih jelas, mari kita lihat lebih jauh satu per satu.

Ukuran Layar dan Rasio

Saat menyebut ukuran handphone, laptop atau TV, ukuran yang paling sering muncul adalah ukuran seperti 5 inci, 13,3 inci, 27 inci, dll. Namun, ukuran apa itu sebenarnya? Dari mana angka tersebut didapat?

Ukuran itu adalah ukuran dimensi fisik layar (display size). Angka yang tertera merupakan ukuran jarak diagonal layar dari dua titik yang berseberangan. Karena ukuran fisik, maka satuannya pun inci. Hal ini berbeda dengan ukuran dimensi piksel layar.

Penjelasan Berbagai Resolusi Layar (HD sampai 4K) - RuangLaptop

√ Cara Menghitung Ukuran Layar Hp/Smartphone Android & iPhone


Ukuran layar ini juga berkaitan dengan aspek rasio. Rasio inilah yang biasanya ditulis dalam bentuk perbandingan 4:3, 16:9, 16:10, dll. Aspek rasio merupakan perbandingan antara ukuran panjang dan lebar layar.

 

Dulu, rasio 4:3 menjadi rasio standar layar monitor komputer. Sekitar tahun 2005-2006, standar bergeser rasio 16:10. Namun rasio tersebut tidak bertahan lama sebagai standar. Rasio 16:9 kemudian menjadi rasio yang umum digunakan.

Peralihan dari 16:10 ke 16:9 disebabkan karena banyaknya produksi TV yang menggunakan rasio tersebut. Saat ini, kebanyakan smartphone juga menggunakan rasio tersebut. Sedangkan tablet, rata-rata bertahan dengan format 4:3 karena rasio tersebut lebih nyaman untuk membaca. Bagaimana pun, tablet memiliki ukuran fisik seperti buku.

 

Resolusi Layar

Sebenarnya istilah resolusi layar (display resolution) merupakan istilah yang sedikit salah kaprah. Istilah yang tepat adalah dimensi piksel layar (pixel dimension). Sedangkan resolusi layar sebenarnya merupakan tingkat ketajaman layar, atau kerapatan piksel (pixel density). Hal itu akan kita bahas nanti. Sekarang, mari kita bahas dimensi piksel layar — atau menggunakan istilah salah kaprah tadi, resolusi layar — terlebih dahulu.

 

Secara sederhana, resolusi layar menunjukkan luas dan kandungan piksel di bidang layar. Biasanya, ukuran resolusi ditulis dalam bentuk panjang x lebar, dengan satuan piksel. Contohnya: 1024 x 768, 1280 x 720, 1440 x 900, dll. Perbandingan panjang x lebar ini tentu saja mengikuti aspek rasio layar.

Penjelasan Berbagai Resolusi Layar (HD sampai 4K) - RuangLaptop

Namun, kadang ada istilah lain, atau istilah tambahan ketika mencantumkan resolusi layar. Misalnya VGA, HD, FHD, WXGA, dll. Istilah ini merupakan nama yang distandarkan untuk mempermudah penyebutan ukuran resolusi layar.

Di bawah ini beberapa istilah bersama rasio dan resolusi yang umum beredar.

 

 

Nama

 

Rasio

Panjang

Lebar

 

VGA

 

4:3

 

 

640

 

480

 

 

SVGA

 

 

4:3

 

 

800

 

600

 

XGA

 

 

4:2

 

1024

 

768

 

 

WXGA / HD

 

16:9

 

 

1280

 

720

 

 

HD

 

 

~16:9

 

 

1360

 

768

 

WXGA+

 

16:10

 

 

1440

 

900

 

 

FHD

 

 

16:9

 

1920

 

1080

 

WUXGA

 

16:10

 

1920

 

1200

 

 

WQHD

 

 

16:9

 

 

2560

 

1440

 

WQXGA

 

 

16:10

 

2560

 

1600

 

4K UHD

 

 

16:9

 

3840

 

2160

 

8K UHD

 

 

16:9

 

7680

 

4320

 

Sebenarnya masih banyak istilah dan resolusi layar lain. Yang saya sebut di atas merupakan yang paling umum. Kalau ingin mempelajari lebih lanjut (dan mau membaca lebih teknis), Wikipedia bisa membantu.

 

Ketajaman Layar

Tingkat ketajaman layar atau kerapatan piksel (pixel density) berhubungan dengan kedua hal di atas, yaitu ukuran layar dan resolusi layar. Tingkat ketajaman layar diukur dari jumlah total piksel (panjang dan lebar) di dalam ukuran layar tertentu. Satuannya adalah ppi atau pixel per inch (atau ppcm, pixel per centimeter). Semakin besar ukurannya, semakin banyak jumlah piksel ada di rentang ukuran tertentu. Sehingga, pikselnya semakin rapat dan gambar yang terlihat di layar tersebut semakin tajam.

Memilih perangkat dengan layar terbaik

Lalu, apa pengaruhnya untuk kita? Yang mana yang terbaik? Yang mana yang harus kita pilih? Secara umum, jelas perangkat dengan tingkat ketajaman layar tinggi akan lebih baik. Namun pertimbangannya toh tidak semudah itu.

 

Sejujurnya — entah membeli handphone, laptop, TV, dll — semua kembali pada pilihan kita. Memang terkesan klise. Tapi memang seperti itu adanya. Apalagi ada pertimbangan yang paling penting, yaitu harga sesuai dikantong kita masing-masing. perlu diingat sebagus apapun gadget yang kita punya jika tidak digunakan sesuai kebutuhan kita akan terasa percuma jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kita.

 


 

Komentar

Postingan Populer