Pemanfaatan Canva For Education di SMP Negeri 2 Galis

 


Assalamualaikum, Salam bahagia untuk Bapak/Ibu Guru hebat UPTD SMP Negeri 2 Galis, sebelumnya saya haturkan terima kasih kepala Ibu Purwanti selaku kepala sekolah dan Bapak Herman sebagai pengawas sehingga kegiatan ini berlangsung dengan baik.

Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 2 Galis yang saya banggakan, untuk menindak lanjuti kegiatan ini dengan pemenuhan tugas dan pemberian sertifikat maka akan diberikan waktu 2 Minggu dari hari ini untuk pengumpulan tugas pembuatan media pembelajaran.

Perlu diingatkan kembali untuk membuat komik pendidikan minimal harus disiapkan :

1. Judul (simpel dan menarik)

2. Logo Kemdikbud Ristek, logo sekolah

3. Materi ( Penjelasan/percakapan) bisa dibuat dengan manual atau dengan AI fitur lanjutkan menulis dengan menuliskan perintah misalnya "Buatkan percakapan Tentang pelestarian hutan" perintah kata bisa disesuaikan dengan mapel yang Bapak/Ibu ampu. Bagi beberapa kata yang tersensor oleh AI kemungkinan besar harus bapak ibu ganti dengan yang lain. Untuk percakapan komik bisa di elemen dengan kata pencarian "Gelembung Percakapan".

4. Setelah percakapan siap, bapak ibu siapkan karakter komiknya. Hal ini bisa bapak ibu melalui pencarian di elemen atau bapak ibu buat sendiri dengan fitur media ajaib.


5. Siapkan background/latar yang menarik, hal ini alurnya dengan kegiatan nomor 4 sebelumnya. selanjutnya biarkan imajinasi dan gairah kreatifitas Bapak/Ibu bertumbuh. 

6. Yang terakhir setelah dirasa siap maka selanjutnya bisa kita lanjut untuk menjadikanya buku digital agar mudah dibagikan ke gadget murid. untuk diingat kembali : 


Silahkan bapak ibu bisa bikin sesederhana mungkin bisa 3 lembar, yang terpenting adalah berproses untuk membuat desain pembelajarang yang lebih baik, semangaART Bapak/Ibu UPTD SMP Negeri 2 Galis Pasti Bisa. 

berikut contoh hasil akhirnya : KLIK DISINI

Materi pengayaan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) sudah saya kirim berupa Video dalam bentuk softcopy Ke Bapak Holis. Jika masih ada pertanyaan sekaligus pengumpulan tugas pada kontak berikut. pengumpulan tugas terakhir pada tanggal 12 Mei jam 12 Siang. ada bingkisan menarik bagi 3 karya yang beruntung 👏😎


ada Quote dari salah satu seniman Indonesia untuk rumus berkarya:


Baik buruknya teknologi itu sendiri sebarnya bergantung kepada orang yang memanfaatkannya. Saya berharap Bapak/Ibu dapat memanfaatkan teknologi itu sesuai dengan manfaat dan tujuan teknologi itu sendiri dibuat untuk tujuan kebaikan. sehingga mengurangi terjadinya penyalahgunaan yang dapat merugikan kita sendiri dan orang lain.

Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, sukses & sehat selalu untuk Bapak/Ibu UPTD SMP Negeri 2 Galis. Mohon maaf bila ada salah kata. Kesempurnaan milik ALLOH S.W.T dan Kekurangan milik Abdulloh, Wabillahi Taufiq walhidayah. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Saya Abdulloh 🙏







Komentar

Postingan Populer