Jurnal Dwi Mingguan Modul 1.4 Budaya Positif

 





Salam merdeka, salam bahagia, alhamdulillah sudah sampai diakhir modul 1 yaitu modul 1.4 dengan pokok bahasan "Budaya positif. Kali ini saya akan menuliskan jurnal dengan model 4C (Connection, Challenge, Concept, Change). Model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison pada tahun 2011. Baik sebelum menuju kepada 4 kata kunci dari model ini ada baiknya saya kenalkan pembimbing saya berikut ini.




Baik kita langsung menuju paparan refliksinya 🙏




CONNECTION 

Apakah keterkaitan materi yang didapat dengan peran anda sebagai Calon Guru Penggerak?

Keterkaitan atau koneksinya terhadap saya sebagai calon CGP adalah bahwa saya sebagai guru nantinya haruslah bisa menjadi jembatan murid untuk menuju ketercapaian cita-citanya yang juga secara otomatis akan mengantar mereka pada jalan kebahagiaan dan keselamatan. Menjadi teladan murid dan membuat bergerkan dengan era digital yang sudah ada didepan mata maka dari itu saya harus meng-upgrade diri menjadi lebih baik bahkan lebih Sholeh secara agama. 

Berdasarkan materi modul 1.4 tentang Budaya positif yang telah dipelajari memiliki keterkaitan yang cukup mendalam bagi saya karena ada beberapa hal yang dulunya belum saya lakukan sebagai amalan budaya positif sebagai seorang guru. Oleh karena itu saya sudah melakukan aksi nyata tentang budaya positif, membuat kesepakatan kelas dan menjadi keyakinan kelas hingga, segitiga restitusi dan memaparkan hasil belajar CGP.





CHALLENGE 

Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang anda jalankan selama ini?

Alhamdulillah, materi atau pendapat baik berupa keritik dan saran dap narasumber, fasilitator hingga pengajar praktik selalu memberikan hal positif. Mungkin saat materi Budaya Positif ini Bapak Nur Muhammad selaku fasilitator memberi wawasan awal bahwa nantinya semua pemahaman kita dikembalikan pada ajaran agama masing-masing agar tidak mengambang dan jadi ganjalan hati untuk melakukan dan menentukan kebenaran.

Mengenai ide Bapak Nur Muhammad dan Ibu Umriyah bahkan selalu memberikan ide-ide baru untuk proses kreatifitas dan inovasi baik pengerjaan tugas hingga pemahaman materi. Untuk narasumber pada modul 1.4 ini ada kendala hingga kami hanya beberapa menit saja bisa mengikuti yaitu waktu dan masalah koneksi.





CONCEPT 

Ceritakan konsep-konsep utama yang anda pelajari dan menurut anda penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak ?

Menurut saya konsep yang sangat mendalam masuk dalam otak dan hati saya pada modul Budaya Positif adalah tentang pemikiran Ki Hajar Dewan "PEMBERIAN PENGHARGAAN SEJATINYA ADALAH HUKUMAN". dengan mengetahui hal ini saya menjadi "baper" dan merasa bersalah kare terlalu bertumpu pada pemberian penghargaan pada murid namun setelah saya literasi lebih jauh akhirnya saya menemukan benang merah yaitu dengan menyampaikan apa maksud dari penghargaan ini sebelum diberikan atau pilihan keduanya adalah memberika Hadian bukan didepan teman-temanya tergantung skenario dan kondisi yang nanti terjadi.

Berikutnya pasti tentang segitiga restitusi, mengapa? Karena segitiga ini yang membuat pengalam membuat video dokumentasi untuk tugas demontrasi berasa lebih berat namun bermakna. Membuat skenario dan berkolaborai dengan siswa dalam menyatakan skenario tersebut. Namun Alhamdulillah sekali meski hanya skenario Namaun anak-anak bercerita bahwa hal yang dilakukan ini juga membuat mereka terbersit "andai semua guru melakukan metode ini" begitu kata mereka.

Masih banyak sekali pengalam yang luar biasa dan penting dalam mempelajari modul 1.4 Budaya Positif ini namun dua hal diatas yang paling membuat saya bersemangat untuk menjadi Guru yang bisa mencapai level terbaiknya. Setelah saya menjadi guru penggerak saya sangat berharap dan berdoa semoga semua yang telah saya pelajari ini mendapat barokah dan bisa saya terapkan secara runut dan menyeluruh dan saya bisa menginspirasi yang lainnya untuk bergerak bersama. Bismillah, yuk bisa yuk, yuk merdeka!




CHANGE

Apa perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah mendapat materi ini? 


Saya ingin menjadi Guru yang lebih sabar, lebih bijak sana dan lebih mengerti Psikologis anak. Saya harus lebih banyak belajar tentang Psikologi anak dan cara menanggulanginya. Sementara ini saya banyak melakukan komunikasi dengan Guru BK di Sekolah yaitu Ibu Tutik Miftahul falah. Sebelum ikut CGP beliaulah panutan saya terhadap yang saya pahami sekarang yaitu budaya positif. 

Kesimpulan dalam diri saya ini masih banyak kekurangan dan dosa selama mengajar, mungkin dengan meng-upgrade diri akan menjadi salah satu penebusan dosa saya, saya akan berusaha ekstra dan lebih keras lagi agar keyakinan kelas dan segitiga restitusi bisa saya lakukan dengan baik dan benar. Bismillah, semoga saya bisa menerapkan BUDAYA POSITIF dengan runut dan baik agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna demi ikut anda galaam gerakan Merdeka Belajar dan menghasilkan generasi yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Yuk Merdeka! Wassalamualaikum 


Aksi Nyata :













Komentar

Postingan Populer