Benalu Batu (Macrosolen cochinchinensis Tiegh)


Benalu Muda yang baru tumbuh

Benalu dengan nama ilmiah Loranthus termasuk suku Loranthaceae, adalah sekelompok tumbuhan parasit obligat yang hidup dan tumbuh pada batang, dahan, ranting pohon tumbuhan berkayu. Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis. Tumbuhan ini menghasilkan getah yang lengket pada bijinya. Persebaran tumbuhan ini terjadi dibantu hewan burung. Apabila burung memakan buah kemudian bijinya terjatuh dan mengekskresikan pada dahan pohon yang sesuai, bijinya akan berkecambah mengeluarkan tunas baru hingga benalu mudapun tumbuh. Bunga-bunga Loranthus berukuran kecil panjang kurang lebih 3-5cm, warna berfariasi dari hijau, kuning, jingga hingga merah. biasanya memiliki empat sampai enam bagian dan berkelamin tunggal atau biseksual. Spesies lain dari Loranthus tumbuh sangat besar, bunga mencolok, dengan mekar dalam warna terang.

Benalu yang baru tumbuh
Bunga 
menempel

Pada saat melakukan proses pembelajaran, seorang guru menjelaskan mengenai tumbuhan benalu yang besifat parasit terhadap inangnya (tempat menempelnya). Bukankah benalu memiliki zat hijau daun (klorofil), tetapi mengapa benalu bisa menjadi parasit pada tanaman? Mengapa benalu hidupnya menempel pada batang tanaman lain? Apakah benalu tidak dapat hidup dan tumbuh di tanah? Dan apakah masih terdapat manfaat dari sifat paratismenya? Ternyata benalu menjadi pembahasan menarik pada pembelajaran kali ini. Apakah kalian juga ingin tahu jawabannya? Mari kita pelajari bersama!Benalu ( Loranthus, suku Loranthaceae) adalah tumbuhan seukuran perdu yang hidup menempel pada batang (dahan) tumbuhan lain. Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon yang besar terutama pada daerah tropis. Persebaran benalu melalui burung pemakan biji yang mengekskresikan biji benalu yang telah dimakannya. Buah benalu yang telah masak dimakan oleh burung kemudian bijinya yang bergetah akan dikeluarkan oleh burung bersama kotorannya dan menempel pada dahan tanaman. Jika tempatnya cocok untuk tumbuh, maka biji benalu akan berkecambah dan tumbuh menjadi tumbuhan baru.Benalu tidak mempunyai organ akar yang sempurna sehingga tidak dapat tumbuh di tanah seperti tanaman pada umumnya. Benalu hanya dapat hidup menempel pada dahan tanaman lain (inang). Akar benalu berupa haustorium yang berbentuk bulat yang merupakan penghubung antara benalu dengan inangnya. Akar tersebut dapat menembus kulit batang/dahan tanaman.


www.mistle.co.uk/mishaustorium




Mengapa benalu menjadi parasit yang merugikan bagi tanaman inangnya? Benalu mempunyai zat hijau daun (klorofil) pada daunnya sehingga dapat melakukan fotosintesis. Akan tetapi benalu tidak dapat memperoleh air dan unsur hara sebagai bahan fotosintesis langsung dari tanah. Benalu mendapatkan air dan unsur hara dari pembuluh angkut dahan tanaman inangnya. Haustorium benalu akan menghisap air dan unsur hara tanaman inang kemudian digunakan untuk proses fotosintesis. Akibatnya dahan tanaman inang yang ditempeli benalu tersebut akan kekurangan air dan unsur hara untuk proses fotosintesisnya sehingga proses pembentukan makanan menjadi berkurang. Itulah sebabnya benalu menjadi parasit dan merugikan tanaman inangnya. (http://sukasains.com/materi/parasitisme-benalu-pada-tanaman/24-10-2014 10:30 WIB)Ternyata Tumbuhan benalu yang di kenal sebagai tumbuhan parasit bagi sebuah tanaman yang ditumpanginya memiliki khasiat bagi pengobatan yang cukup baik. Jenis tanaman ini biasanya menumpang hidup di pohon lain terutama pohon yang besar. Biasanya tanaman benalu ini hidup di pohon belimbing,duku, mangga, dll. Dengan perbedaan cara hidup teh benalau ini, maka tanaman ini juga memiliki nama yang berbeda, tergantung dari siapa induk yang ia tumpangi. Seperti benalu pada pohon Mangga Dendropthoe petandra. Selain itu benalu yang memiliki induk pada pohon duku dinamakan Lorhantaceae dendrophtoe.Dalam proses kehidupan tanaman benalu, tumbuhan ini menggrogoti sel tumbuhan inang . Idiom benalu sebagai pengobatan biasanya tidak digunakan tunggal , dia perlu dibantu oleh bantuan rempah-remoah lain sebagai beberapa jenis pengobatan terutama kanker. Untuk penyembuhan pada kanker, tanaman jenis ini berfungsi pada bagian menumpas sel kanker yang akan menyebar( bukan bagian akar), sehingga tanaman ini mampu dalam pengobatan kanker, jika dengan tepat. Senyawa aktif dalam teh benalu ini mengandung querstrin, alkaloida, saponin, flavonoid, dan tanin. Setiap kandungan ini memang sangat tergantung dari jenis pohon induk yang dia tumpangi.Lihat bagan tubuh dibawah ini, sebagai proses kerja rempah benalu di dalam tubuh :(http://ijemherbal.com/rempah/benalu/benalu-seputar-informasi-tanaman-parasit-sejuta-manfaat/24-10-2014 10:40)Refrensi :http://digilib.uin-suka.ac.id/16407/1/10640038_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdfhttp://phytoimages.siu.edu/imgs/paraman1/r/Loranthaceae_Macrosolen_cochinchinensis_87997.htmlhttp://www.efloras.org/florataxon.aspx?flora_id=2&taxon_id=200006543http://www.natureloveyou.sg/Macrosolen%20cochinchinensis/Main.htmlhttp://www.theplantlist.org/tpl/record/tro-19100012http://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=86http://parasiticplants.siu.edu/NewGuineaLoranths/Macrosolen/Macrosolen.html

Komentar

Postingan Populer