Mulai dari Diri Modul 2.1

 



Assalamualaikum, berikut ini paparan singkat tentang Modul 2.1.A. Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi 2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1

Pertanyaan Pemantik:

Bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya yang berbeda-beda?
 Guru harus melakukan pendataan dan pemetaan awal sebagai persiapan memenuhi kebutuhan belajar para murid yang berbeda.
Membuat Refleksi Individu

Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda. Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? 

Memberikan materi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing, jika memungkinkan murid juga diberikan pilihan untuk mengerjakan tugas dengan beraneka pilihan.

Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? 

Mengidentifikasi atau memetakan kebutuhan belajar murid, Dalam paparannya mengutip Tomlinson (2001) dalam bukunya yang berjudul How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classroom menyampaikan bahwa kita dapat mengkategorikan kebutuhan belajar murid berdasarkan 3 aspek, yaitu (1) Kesiapan belajar, (2) Minat, dan Profil Belajar. Ya, harus ada perlakuan berbeda untuk memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?

 Misalnya memberikan materi dan mengelompokkan murid menjadi yang suka membaca, suka melihat video, suka audio saja. Setelah itu memberikan tugas dengan pilihan misalnya membuat review tertulis, rekam audio, atau membuat video bahkan membuat gambar info grafis.

Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? 

Tantangannya harus memiliki banyak waktu untuk membuat dan melakukan pendataan hingga formulasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan murid. Selain itu guru juga diharapkan mampu membuat tugas atau pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa. nantinya seorang guru juga harus ekstra dalam proses pembelajaran dan pembimbingannya juga dalam proses pembuatan rubrik penilaian.

Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

Berusaha memperbaiki menejemen waktu dan membiasakan membuat rubrik penilaian yang baik dalam takaran yang hampir sama untuk mewakili tiap penugasan yang dipilih para murid-murid.

Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi? 

Pembelajaran harus memulai dengan pandangan pembelajaran berdiferensi karena seharusnya pembelajaran akan berjalan dengan baik jika guru sebagai fasilitator memberikan solusi terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. 

Tomlinson (2000) mengemukakan bahwa Pembelajaran Berdiferensiasi adalah sebagai bentuk proses pembelajaran yang dilakukan di kelas dengan disesuaikan terhadap keragaman kebutuhan belajar setiap peserta didik. Pemenuhan kebutuhan peserta didik tersebut tidak bermakna bahwa pendidik harus mengajar dengan banyak cara yang disesuaikan dengan banyaknya peserta didik.

Ada beberapa strategi diferensiasi yang dapat dilakukan guru supaya ruh dari pembelajaran berdiferensiasi itu dapat tersampaikan

Diferensiasi Konten
Diferensiasi Proses









Komentar

  1. Keren master 👍
    Tetap semangat untuk melahirkan generasi penerus bangsa yg hebat"💪❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak master...berkat dukungan dan doamu aku bisa berkembang 🙏

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer