Aksi Nyata Modul 1.4 - Budaya Positif - Forum Berbagi Aksi Nyata




Aksi Nyata Modul 1.4 - Budaya Positif

26, Desember 2022



Alhamdulillah, akhirnya sampai pada tugas terakhir di modul 1.4 ini. Perkenalkan :







Yuk lanjutkan....

Latar Belakang

Menurut Ki Hadjar Dewantara (KHD), Peran Pendidik diibaratkan seorang Petani  yang tugasnya adalah merawat sesuai kebutuhan dari tanaman-tanamannya, agar tumbuh dan berbuah dengan baik, tentu saja beda jenis tanaman beda perlakuanya. Artinya bahwa kita sebagai seorang pendidik harus bisa melayani segala bentuk kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda (berpusat pada anak). Kita harus bisa memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan ide, berfikir kreatif, mengembangkan bakat/minat siswa (merdeka belajar), namun kebebasan itu bukan berarti kebebasan mutlak, perlu tuntunan dan arahan dari guru supaya anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya. Guru juga harus paham bahwa anak harus didik menurut kodrad alam dan zaman dimana dia tumbuh agar mendapatkan perkembangan terbaik untuk menuntun keselamatan dan kebahagiaan mereka.

Pmmbangun pondasi awal karakter Murid dapat dilakukan dengan pembiasaan diisiplin Positif. Pemberian Hukuman ataupun penghargaan selama ini dianggap sebagai bentuk pembelajaran disiplin bagi murid. Namun kemungkinan pada saat murid mendapatkan hukuman atau penghargaan, murid akan bertindak atau bersikap seperti yang kita harapakan, hal itu hanya akan bersifat sementara karena motivasinya dari luar atau motivasi eksternal. Pemberian hukuman ataupun penghargaan juga dapat mendorong murid untuk berbohong supaya terhindar dari hukuman. Jadi pendidik harus mencoba memberikan perlakuan yang berbeda dan lebih baik. Hal apa itu? Mari kita lanjutkan dan mencoba restitusi sebagai perlakuan baik yang berbeda.

Hal yang harus dicoba untuk menanamkan budaya positif disekolah yaitu dengan menerapkan restitusi terhadap murid yang melakukan pelanggaran. Karena dengan hadirnya restitusi, murid dapat tersadar dari kesalahannya dan merangsang siswa untuk mencari solusi dari kesalahannya secara mandiri. sehingga murid dapat Kembali kepada kelompoknya dengan karakter yang lebih kuat dan lebih baik.


Tujuan

Penyusunan keyakinan kelas Bersama murid, diharapkan dapat memberikan kesadaran untuk melaksanakan Keyakinan kelas tersebut, sehingga tercipta ekosistem Disiplin Positif yang akan menjadi salah satu siklus kebaikan di sekolah. Adanya disiplin positif akan membentuk Karakter yang baik dan mewujudkan Merdeka Belajar bagi murid. Selain itu penerapan disiplin positif akan memberi perlakuan berbeda yang juga akan menjadi penggerakan sekolah untuk tumbuh lebih baik lagi. Pendidik juga mendapatkan solusi yang lebih baik dalam penanganan masalah yang ada didalam kelas nantinya.


Tolak Ukur

Salah satu tolak ukur dari kegiatan ini yaitu murid akan memiliki karakter yang baik, murid merasa nyaman di lingkungan sekolah, murid merasa dihargai, dianggap keberadaanya, murid memiliki rasa tanggung jawab, kesadaran yang tinggi dalam melakukan kebaikan. 

Selain itu murid mampu menerapkan dan menjaga komitmen yang telah disepakati bersama berupa keyakinan kelas yang dibangun dari hasil kesepakatan para murid di dalam kelas.


Dokumentasi tindakan yang saya lakukan >>>


Langkah pertama adalah dengan menghadap pimpinan dan menyampaikan rancangan tindakan aksi nyata yang akan dilakukan terkait penerapan disiplin positif di sekolah.

Pemaparan yang akan dilakukan saat presentasi pengimbasan budaya positif kepada pendidik dan tenaga kependidikan. Selain itu mengusulkan untuk ada beberapa murid bisa mengikuti juga kepada kepala sekolah SMPN 1 Blega yaitu Bapak Drs, Heri Suharto, M.Pd.

Setelah itu mencoba memaparkan pada beberapa rekan sejawat untuk mengetahui kebutuhan dan kekurangan dari bahan paparan agar mendapat ramuan bahan presentasi terbaik.



Dokumentasi :

Paparan yang disampaikan,


Aksi nyata,



Membuat Keyakinan Kelas Bersama Murid

Bersama dengan murid menyepakati nilai-nilai universal dari setiap usulan yang telah dituliskan dan ditempel didepan kelas murid untuk dijadikan keyakinan kelas. 

Murid mendiskusikannya bersama temannya kemudian menempelkan pada tempat yang telah disediakan yaitu karton yang ditempel pada papan tulis kelas.

Guru mendampingi murid untuk menuliskan dan membuat keyakinan kelas dari hasil tulisan kesepakatan kelas yang telah ditempel didepan kelas.


Kemudian melaksanakan keyakinan kelas, salah satunya menjaga kebersihan dan ketenangan kelas.

Video Keseruan Penyusunan Keyakinan Kelas :


Bukti unggah ke PMM


Jika berkenan untuk memberikan umpan balik bisa klik tombol berikut ini :




Budaya Positif >>> Keyakinan Kelas



Jika berkenan untuk memberikan umpan balik bisa klik tombol berikut ini :



Dukungan yang diharapkan


Saya sangat berharap dukungan semua warga sekolah terutama dukungan Kepala sekolah sebagai pendukung utama terlaksananya aksi nyata ini. Selain itu, dukungan orang tua murid atau wali murid untuk membantu mengawasi dan memberikan bimbingan mengenai pembelajaran dan semangat di rumah. Demikian juga dukungan Seluruh warga sekolah baik pendidik ataupun tenaga kependidikan, terutama rekan sejawat dan semua murid dalam keberlangsungan kebaikan ini.

Terima kasih atas doa dan dukungannya selama ini, semoga apa yang saya akan lakukan bisa menjadi bibit awal tumbuhnya kebaikan baru yang lebih bermanfaat 💚 spensaga i'm possible, tergerak, bergerak dan menggerakkan! 🙏 Hormat saya Abdulloh 🇮🇩 






Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer