Mulai dari Diri Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik




Bismillah, Assalamualaikum...... Hai .... Perkenalkan saya Abdulloh CGP Angkatan 7 Kabupaten Bangkalan.


Baik langsung saja...... Yuk mari....

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dirinya terkait coaching di konteks pendidikan

Calon Guru Penggerak,

Selamat datang di modul coaching untuk supervisi akademik. Untuk memulai pembelajaran pada modul ini, mari kita mulai dari diri Anda. Sebagai seorang guru, Anda adalah seorang pemimpin pembelajaran. Dalam perjalanan Anda sebagai seorang guru, tentunya Anda pernah mendapatkan pengalaman terkait dengan supervisi akademik sebagai salah satu cara pengembangan kompetensi diri Anda.

Pada sesi mulai dari dari diri ini, Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif terkait supervisi akademik dan pengembangan kompetensi diri. Jawaban yang Anda berikan tidak akan dinilai, melainkan sebagai pijakan bagi fasilitator untuk mengembangkan pembelajaran dalam modul ini.

Pertanyaan - pertanyaan refleksi sesi mulai dari diri sendiri modul 2.3

Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Perasaan saya saya diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah, awalnya merasa menjadi tidak percaya diri serta beranggapan adanya rasa salah, khawatir, gugup, dan ragu untuk pertama kalinya. Meskipun saya rasa sudah siap dengan administrasi pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP, media pembelajaran dan instrument perlengkapan lainya yang mendukung ).

Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut?

perasaan pada awal obeservasi atau supervisi

Saat awal pelaksaan obervasi saya merasa khawatir, gugup dan ragu. walaupun saya sudah menyiapkan semua perlengkapan dan administrasi untuk pelaksanaan observasi atau supervisi yang akan mendukung proses pembelajaran nantinya.

perasaan setelah observasi atau supervisi

Setelah pelaksanaan obeservasi atau supervisi, akhirnya saya mendapatkan masukan dan saran dari kepala sekolah. Masukan dan saran yang saya terima saya jadikan bahan evaluasi diri sehingga dapat menjadikan untuk meng-upgrade diri dan kelak akan menjadi proses perbaikan akan kekurangan untuk menjadi lebih baik lagi.

Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Menurut saya pribadi seorang supervisor hendaknya menjadi among dan teladan bagi kandidat yang akan disupervisi. Supervisi akademik akan menjadi salah satu tolak ukur bagi seorang guru dalam memperbaiki kekurangannya dan kekuatannya yang nantinya akan dia gunakan untuk memfasilitasi murid untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Selain itu juga akan memberikan pembelajaran dengan rasa aman, nyaman dan menyenangkan pula. Pun dalam pelaksanaan supervisi, kepala sekolah harus bersifat objektif, profesional, menghargai pendapat dan upaya yang telah dilakukan oleh guru. Sedangkan guru yang akan di supervisi hendaknya menerima dengan senang hati masukan dari supervisor sehingga dapat digunakan sebagai bahan perbaikan untuk upgrade diri yang lebih baik dikesempatan berikutnya.

Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Saat atau jika saya menjadi seorang  kepala sekolah yang harus melakukan supervisi, maka posisi saya ada pada skala 6. karena melakukan supervisi merupakan hal baru bagi saya, oleh karena itu saya masih perlu belajar dan praktik dalam dunia nyata dengan banyak macam dan ciri khas Guru. Saya berusaha menemukan dan memaksimalkan tiap kemampuan guru yang saya lakukan supervisi.

Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Aspek yang saya butuhkan untuk mencapai situasi ideal adalah dengan menambah literasi dan praktek tentang coaching untuk supervisi akademik guna meningkatkan keterampilan berelasi dengan menjalin komunikasi yang baik dan menebalkan kebaikan juga pontensi tiap individu sebagai senjata utama dalam proses transformasi pendidikan yang lebih baik.

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini : Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul 2.3 tentang coaching supervisi akademik, saya memiliki harapan baru agar mampu memahami seluruh materi, minimal menyerap intisarinya. Selain itu saya berharap agar mampu untuk mengimplementasikan praktik baik di lingkungan sekolah. kedepan juga bisa melangkah jauh untuk berkolaborasi dengan rekan sejawat guna memperbaiki mutu pendidikan di lingkungan sekolah dan keakraban dalam mewujudkan visi bersama.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan yang saya harapkan : adanya kolaborasi praktik baik bersama fasilitator, pengajar praktik, instruktur serta rekan-rekan CGP yang lainnya.

Materi yang saya harapkan : menjelaskan tentang prinsip coaching dan teknik coaching supervisi akademik secara nyata dan faktual. Manfaat saya harapkan : mampu meningkatkan kompetensi saya sebagai seorang pendidik dan menjadi salah satu level untuk meng-upgrade diri untuk lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat 💚🇮🇩🙏





Komentar

Postingan Populer