14 Tips Belajar Efektif dimasa Pandemi

 


Bismillahirrohmanirrohim, berikut akan disajikan paparan tips menarik tentang 14 hal yang harus dilakukan untuk terus belajar efektif dalam masa pandemi. perlu diingat dengan doa dan usaha keras kalian akan jadi pribadi yang kuat seperti pepatah arab "MAN JADDA WAJADDAH" yang memiliki makna siapa yang bersungguh-sunggu dia yang berhasil. jadi ukuran dari usaha adalah kesunguhan kalian karena pada pepatah tersebut tidak terbilang siapa yang kaya, siapa yang cantik/tampan bahkan siapa yang punya jabatan namun terbilang "SIAPA YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH".

Mari bersemangat dan semoga kita semua diberkahi Alloh dengan segala nikmat yang diberikan, gunakanlah dan berikan kemampuan terbaik kalian untuk terus menggapai semua impian kalian seperti presiden pertama Indonesia pernah berkata "BERMIMPILAH SETINGGI LANGIT KARENA KETIAK KALIAN JATUH, KALIAN AKAN JATUH DIANTARA BINTANG-BINTANG" begitu bapak Sukarno meyemangati generasi Indonesia. bacalah tips berikut dengan runut dan baik agar kalian mendapatkan intisari dari tulisan Ibu ini. jangan lupa tinggalkan komentar dibagian bawah tulisan ini tentang bagaimana kesiapan kalian belajar dimasa pandemi :

14 TIPS BELAJAR EFEKTIF DIMASA PANDEMI

Dampak penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia membuat banyak sekolah meniadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan menggantinya dengan metode belajar jarak jauh di rumah secara daring. Dengan harapan dapat membatasi interaksi fisik secara langsung guna menekan penyebaran virus agar tidak semakin meluas.

Belajar secara daring tentunya memiliki tantangan tersendiri. Karena dianggap lebih bebas dan fleksibel, tetapi justru siswa dituntut agar memiliki komitmen dan juga disiplin untuk melakukan pembelajaran secara mandiri di rumah. Selain itu, tentunya perangkat teknologi seperti gawai atau laptop serta jaringan internet yang baik harus tersedia.

Lalu, bagaimana caranya agar pembelajaran secara daring dapat dilakukan secara efektif? Yuk ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Jangan terlalu lama di depan laptop/HP

Cara belajar efektif yang pertama adalah kamu jangan belajar terlalu lama didepan laptop. Penggunaan ponsel dan laptop yang berlebihan bisa menimbulkan gangguan loh. Luangkan waktumu untuk belajar dan fokus ya. Jadi, jangan forsir belajarmu terlalu lama.

2. Berkomunikasi dengan orang lain di rumah

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah kamu penting banget untuk memberitahu anggota keluargamu kalau kamu sedang belajar secara online dan sebisa mungkin menghindari gangguan yang gak perlu. Ini bisa memberikan kesempatan untukmu untuk berkonsentrasi.

3. Berikan hadiah kepada dirimu sendiri

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah meskipun kamu giat belajar tapi jangan lupa untuk menghargai diri sendiri. Sesekali kamu bisa memberikan reward atau apresiasi terhadap dirimu sendiri dengan makanan atau minuman-minuman yang kamu suka, atau mungkin kamu menonton serial film yang kamu suka.

4. Belajar secara berkala (Mengulang)

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah belajar secara berulang kali. Nah, kamu bisa menggunakan cara ini untuk memaksimalkan gaya belajarmu. Kamu bisa belajar sebentar selama kurun waktu 5-10 menit saja, namun sering. Hal ini bisa membantumu untuk mengingat dan memahami banyak hal dan ini bisa menandakan bahwa kamu akan jauh lebih produktif untuk belajar secara teratur dan memiliki jam istirahat yang pas.

Meskipun gaya belajar seperti ini gak terlalu cocok untuk semua orang, tapi gak ada salahnya kalau kamu mencoba loh. Maksimalkan waktumu selama 10 menit untuk duduk dan fokus belajar topik yang ingin kamu pelajari selama setiap harinya dalam seminggu. Cara belajar efektif seperti ini akan menunjukkan kemajuan yang signifikan!

5. Temukan gaya belajarmu sendiri!

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah kamu harus bisa menemukan gaya belajarmu sendiri nih guys. Meskipun hal ini memang agak sulit dan biasanya selalu berubah-ubah, tapi kalau kamu sudah menemukan gayamu sendiri pasti semuanya akan berasa lebih mudah loh. Sering-sering mencoba gaya belajar yang baru untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Misalnya aja kamu ingin mencoba belajar di siang hari secara tenang tanpa gangguan musik atau suara apapun, bisa juga kamu coba belajar di siang hari namun di tempat umum seperti taman/cafe biar memiliki suasana yang oke.

Tapi, bisa juga nih kalau kamu mencoba belajar di malam hari sambil mendengarkan lagu, atau menonton tutorial video, atau mungkin kamu ingin mencoba belajar setelah selesai berolahraga untuk menjaga tubuhmu dan otakmu lebih fokus untuk menyerap pelajaran. Ada banyak sekali caranya guys! Kalian bisa mencoba gaya belajar yang lain sambil mencari gaya belajar seperti apa yang cocok untuk kamu ya!

6. Tidur dan istirahat yang cukup!

Kamu mungkin beranggapan bahwa tidur itu gak masuk ke cara belajar efektif. Tapi, kegiatan ini bisa membantumu untuk mendapatkan cara belajar efektif loh karen tidur dan istirahat yang cukup adalah hal yang vital dalam menyimpan informasi di dalam otak. Mahasiswa yang tidur dengan jam yang cukup akan membantunya untuk bisa lebih fokus dan mengingat pelajaran di keesokan harinya dibandingkan mahasiswa yang memiliki jam tidur yang gak teratur.

7. Fokus dong!

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah kamu harus fokus dengan pelajaranmu! Kalau kamu ada orang yang mudah selalu terganggu atau kamu adalah orang yang suka menunda-nunda ketika ingin belajar seperti main game dulu. Maka, kamu harus rela untuk mematikan seluruh perangkat elektronik kamu demi mendapatkan cara belajarmu sendiri. Kamu bisa pergi ke perpustakaan untuk bisa mendapatkan suasana belajar yang kondusif agar kamu bisa lebih fokus untuk memahami pelajaran.

8. Kelola waktu dengan baik

Atur waktu belajar kamu dengan baik, jangan mengulur-ulur waktu dalam mengerjakan tugas. Biasakan fokus dan mengerjakan tugas di awal waktu.

9. Kerjakan hal yang sulit terlebih dulu

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu yang sulit lebih dulu setiap harinya. Jadi ketika kamu telah menyelesaikan hal yang lebih susah, kamu akan memiliki perasaan dan percaya diri yang jauh lebih tinggi di hari tersebut. Kamu juga akan termotivasi untuk menyelesaikan hal-hal lain yang relatif jauh lebih mudah dan lebih gampang untuk diselesaikan secara cepat.

10. Jangan lupa untuk olahraga dan bersosialisasi

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah meskipun kerjaanmu dan jadwal belajarmu sangat sibuk, jangan sampai lupa untuk meluangkan waktu untuk olahraga dan bersosialisasi, karena dengan olahraga dan bersosialisasi itu akan bisa membantu otakmu menjadi sangat fokus dan kuat untuk bisa mengerjakan tugasmu.

11. Carilah tempat nyaman

Tempat yang nyaman merupakan salah satu kunci agar belajar tetap fokus lho. Kamu bisa mencari tempat seperti sudut rumah yang nyaman untuk belajar. Bila perlu kamu bisa mendekor area meja belajar sekreatif mungkin untuk menambah semangat belajar kamu (tapi jangan lupa izin orangtua dulu yaa :D)

12. Siapkan perangkat yang dibutuhkan

Persiapkan perangkat yang kamu butuhkan, baik itu laptop, gawai, komputer maupun saklar listik untuk mengisi daya perangkat elektronik kamu agar tidak kehabisan daya di tengah-tengah fokus belajar. Pastikan juga perangkat kamu terhubung dengan jaringan internet yang baik agar kamu dapat mengakses Google classroom pada pembelajaran daring yang kamu butuhkan tanpa kendala.

13. Komunikasi dengan Guru dan teman sekelas

Meskipun kamu belajar dengan jarak jauh dari Bapak/Ibu Guru, bukan berarti kamu bebas bersantai dan menunda tugas yang diberikan. Tetap jaga komunikasi dengan guru dan teman sekelas. Nomor Gawai Bapak/ibu Guru sudah tertera pada Jadwal PJJ yang telah diberikan, jadi Jika kamu butuhkan penjelasan mengenai materi dan tugas dapat langsung menghubungi Bapak/Ibu Guru. Begitu juga, komunikasi dengan teman sekelas itu penting sekali agar kamu bisa berdiskusi mengenai materi atau tugas yang diberikan Bapak/Ibu Guru

14. Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Di saat pandemi COVID-19 ini, kebersihan merupakan salah satu hal yang penting. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan tetap jaga kesehatan dengan cara memberikan asupan makan bergizi bagi tubuhmu agar tidak cepat terserang penyakit. So Stay Clean and Stay Healthy!

Demikian beberapa tips yang dapat kamu terapkan supaya belajar kamu lebih efektif di masa pandemi ini. Ingat tidak ada sesuatupun yang akan kamu dapatkan secara instan, karena semua hal yang baik ada proses dan pengorbanannya. Jadi “Apa pun dirimu, jadilah yang baik.”. -Abraham Lincoln- 

"Jadiapapun dirimu, jadilah yang unik dan baik" -aup-

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer