Getaran dan Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari


Hari ini kita lanjut pada bab berikutnya, bismillahirrohmanirrohim semoga apa yang kita pelajari hari ini menjadi ilmu yang bermanfaat. sebelum kedalam materi tayangan powerpoint mari kita telaah alam sekitar. mengapa langit berwarna biru? kenapa Alloh tidak membuatnya dengan warna lain atau bahkan warna-warni?  jawabnya adalah karena Langit bisa berwarna biru karena molekul oksigen dan nitrogen di atmosfer bumi lebih banyak menyebarkan gelombang biru (panjang gelombang pendek) daripada gelombang merah (panjang gelombang panjang). Sinar matahari mampu membiaskan cahaya hingga timbul berbagai warna.

kemudian telaah yang kedua adalah bagaimana kita bisa mendengar? jawabanya adalah Proses mendengar diawali dengan suara yang ada di sekitar, berupa getaran atau gelombang, ditangkap oleh telinga bagian luar. Kemudian getaran diteruskan ke saluran telinga sehingga memberi tekanan atau pukulan pada gendang telinga (membran timpani).

Telaah yang terakhir bagaimana kita bisa melihat? Kita bisa melihat sebuah objek karena adanya pantulan cahaya pada objek itu. Pantulan cahaya tersebut diterima oleh kornea. Setelahnya, cahaya berjalan melalui pupil dan lensa. Saat cahaya mencapai lensa, lensa akan memfokuskan cahaya tersebut ke sel-sel pada retina. jangan lupa kaitanya dengan telaah pertama bahwa cahaya itu termasuk kedalam gelombang dan cahaya matahari mampu membiasakan cahaya hingga timbul cahaya yang lain.

Menelaah lebih jauh tentang getaran dan gelombang dalam kehidupan seahari-hari bukan hanya 3 buah pertayaan diatas saja namun masih banyak anugerah dan hikmah yang bisa kita pelajari tentang betapa kuasanya Alloh telah memperkirakan dan menghitung semuanya hanya untuk kehidupan kita. yuk kita lanjut ke TUGAS dan materi dalam tayangan powerpoint:


Komentar

Postingan Populer