Hukum Newton dan Gerak

Aupdentata
Assalamualaikum anak-anakku, tetab semangat meski belajar dari rumah. sambil bedoa pandemi ini akan segera beakhir dan kita bisa belajar tatab muka di sekolah kembali. baik, sekarang bapak akan memberikan materi Bab pertama di smester 1 ini tentangg gerak bendan dan mahluk hidup di lingkunagn sekitar. materi inni kana bapak bagi menjadi 3 bagian yaitu :
- Gerak (Hukum Newton)
- Gerak pada Hewan
- Gerak pada Tumbuhan

yang pertama saya akan berikan materi tentang Gerak (Hukum Newton)
sambil lalu kalian membaca di buku paket tentang materi yang sama ini agar terdapat penguatan materi.

Sebelum ke materinya ada baiknya kita tau siapa beliau, siapa Sir Isaac Newton itu?

Sir Isaac Newton FRS PRS adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Dia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik. Wikipedia
Lahir: 25 Desember 1642, Woolsthorpe Manor House, Britania Raya
Meninggal: 31 Maret 1727, Kensington
Nama lengkap: Sir Isaac Newton
Bidang: Fisika; Filsafat alam; Alkimia; Teologi; Matematika; Astronomi; Ekonomi
Hukum Newton  adalah hukum yang menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Hukum gerak ini merupakan dasar mekanika klasik yang dijabarkan dalam tiga Hukum Fisika.
Sesuai namanya, hukum Newton pertama kali dikemukakan oleh Sir Isaac Newton (1643 – 1722), seorang ahli fisika, matematika, dan filsafat asal Inggris. Kala itu, ia menerbitkan sebuah karya berjudul PhilosophiƦ Naturalis Principia Mathematica, yang kemudian digunakan untuk menjelaskan dan meneliti gerak dari bermacam-macam benda fisik maupun sistem.
Suatu benda yang bergerak tidak bisa dijelaskan dengan logika, tetapi jika menggunakan hukum ini dapat dihitung berapa kecepatan serta jaraknya. Hal yang sama berlaku ketika benda jatuh dari atas ke bawah, atau benda berpindah dari suatu titik ke titik lain.

Hukum Newton I

“Jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol, maka benda yang awalnya diam akan tetap diam. Benda yang awalnya bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap.”
Berdasarkan hukum ini, kamu dapat memahami bahwa suatu benda cenderung mempertahankan keadaannya. Benda yang diam akan cenderung untuk tetap diam dan benda yang bergerak akan cenderung untuk tetap bergerak. Oleh karena itu, Hukum Newton I juga disebut sebagai hukum kelembaman atau hukum inersia (dideskripsikan oleh Galileo).
Contoh penerapan Hukum Newton I
Ketika kendaraan yang sedang bergerak berhenti secara tiba-tiba, maka penumpang yang ada di dalamnya akan terdorong ke depan.
Ketika kendaraan yang sedang berhenti tiba-tiba bergerak, secara otomatis penumpang yang ada di dalamnya akan terdorong ke belakang.

Hukum Newton II

 “Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya.”
Contoh penerapan hukum Newton II
Mobil Truk yang membawa Massa (Benda) sedikit maka bisa mendapatkan percepatan yang lebih besar, daripada Mobil Truk yang membawa Muatan sangat banyak.
Mengiring bola pada permukaan datar.
Dimana F adalah gaya total yang bekerja pada benda (N); m merupakan massa benda (kg); dan a adalah percepatan benda (m/s2).

Hukum Newton III
“Ketika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua tersebut memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah terhadap benda pertama.”
Contoh penerapan hukum Newton III
Saat kita menekan Hidung, maka hidung juga menekan tangan kita dengan mendatangkan rasa sakit. Semakin keras kita menekannya, semakin besar sakit yang kita rasakan.
Saat tangan kita memukul meja, maka meja tersebut akan memberikan gaya kembali kepada tangan kita dengan besar yang sama dan berlawanan arah dengan arah gaya yang kita berikan. Semakin keras kita memukul meja, maka semakin sakit juga tangan kita.

Berikut Tayangan slide guna menambah pengutan materi kalian, silahkan disimak dan mohon dicatat untuk matei yang dirasa belum terdapat penjelasanya di buku paket IPA. catatan akan saya lihat dan koreksi kelengkapanya ketika sudah masuk normal sekolah. 

boleh tinggal komentar dibawah ini untuk saran.
 

TUGAS : 1. Carilah contoh gejala alam yang berkaitan tentang hukum Newton selain yang sudah dijelaskan pada materi diatas dan jelaskan mengapa hal tersebut termasuk hukum newton!

Setelah selesai semua silahkan KLIK DISINI untuk absensi dan pengumpulan tugas. terima kasih atas perhatianya sampai jumpa pada materi berikutnya. salam semangART! wassalamualaikum


Komentar

  1. Nama:mshrus dofi
    Kelas:8c
    No.abs:14

    BalasHapus
  2. Nama:Safaril akmal
    Kelas:8c
    No.absen :22

    BalasHapus

  3. Nama:Firda maharani
    Kelas:8c
    No. Absen:08

    BalasHapus
  4. Nama=Nadiatul Maulidia Rachman
    Kelas= 8c
    No. Absen=17

    BalasHapus
  5. Nama:serly ameli
    Kelas:8c
    No.absen:23

    BalasHapus

  6. Nama:Bahrul Ulum
    Kls:8c
    Absen:05

    BalasHapus
  7. Nama:Siti Maryam Agustina
    Kls:8C
    Absen:26

    BalasHapus
  8. Nama:Shofiyatul khiyaroh
    Kls:8c
    Absen:24

    BalasHapus
  9. Nama:Ummul karimah
    Kelas:8C
    No Absen:27

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer