3 Tips Membuat Murid Kreatif & Inovatif

 




Bismillah, Alhamdulillah 

Anda bingung bagaimana cara merangsang murid agar memiliki daya kreativitas dan inovasi? Yuk simak baik-baik ya... Langsung gas...





Ada tiga tips yang dilakukan untuknya bisa membantu peserta didik  melatih berfikir kreatif dikelas yaitu :

  1. Menggunakan kemampuan untuk berusaha bertanya dan berfikir mengaplikasikan BRAINSTORMING
  2. Meyakinkan siswa untuk mencoba hal-hal baru. Salah satunya adalah menggali ide (Kreativitas) dengan model ATM (amati, tiru, & modifikasi)
  3. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah & memahami resiko yang akan diperoleh dari menciptakan atau berkreasi dengan hal-hal baru.




✓MENGGUNAKAN KEMAMPUAN UNTUK BERUSAHA, BERTANYA & BERFIKIR.

Sebelumnya, siswa harus dibekali dengan niat yang kuat dan sungguh-sungguh untuk belajar dengan baik. Sehingga dengan adanya niat ikhlas maka akan tumbuh dengan otomatis untuk berusaha maksimal dalam bertanya dan berfikir kritis.

Membuang rasa takut dan malu untuk bertanya sehingga akan menjadi titik awal untuk menjadi siswa yang aktif, kreatif dan berprestasi.


BRAINSTORMING merupakan salah satu cara untuk menggali ide dan kreatifitas dengan cara berfikir DIVERGEN. Kegiatan ini bisa dilakukan sendiri atau berkelompok yang bisa menyeimbangkan antara berfikir DIVERGEN dengan KONVERGEN.

Jadi dengan prinsip ini Guru diharapkan agar tidak memutus secara langsung dan MENSENSOR ide-ide awal para murid.



✓MEYAKINKAN (PERCAYA DIRI) SISWA UNTUK MENCOBA HAL-HAL BARU DAN MENGGALINYA DENGAN LAHKAH MENGAMATI, MENIRU & MEMODIFIKASI.


Misalnya Guru mencoba memfasilitasi murid dengan contoh sebuah karya dari orang lain, kemudian meminta murid untuk membuatnya ulang namun dengan pembaruannya yang lebih baik.


Dengan rutin melakukan terapi ini maka murid akan adaptif dan menumbuhkan rasa Kreativitasnya. Kepekaan akan langkah awal berupa ATM ini juga akan membangun karakter yang kuat sebagai cara mengatasi masalah dimasa depan.



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online :

Definisi/arti kata 'orisinalitas' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah a keaslian; ketulenan.

Sedangkan...

Efektivitas dalam kamus besar bahasa Indonesia berasal dari kata efektif yang diartikan dengan : a) ada efeknya (ada akibatnya, pengaruh, ada kesannya), b) manjur atau mujarab, c) dapat membawa hasil, berhasil guna (usaha, tindakan) (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005: 284).



  1. MENGHASILKAN GAGASAN YANG ORISINAL
  2. MENGHASILKAN KARYA & TINDAKAN YANG ORISINAL
  3. MEMILIKI KELUWESAN BERPIKIR DALAM MENCARI ALTERNATIF SOLUSI ATAS PERMASALAHAN YANG ADA.
MISALNYA : Kamu adalah seorang pelukis. Orang lain mungkin akan bicara "Aahh... Lukisannya biasa saja". Jadi menurut orang lain terasa biasa dan tidak bermakna namun bagi kita lukisan itu adalah hasil dari karya/temuan/gagasan yang sangat baru dan unik.



✓MEMILIKI KEMAMPUAN UNTUK MEMECAHKAN MASALAH & MEMAHAMI RESIKO YANG AKAN DIPEROLEH DARI MENCIPTAKAN/BERKREASI DENGAN HAL-HAL BARU.




Dengan memperoleh informasi terkait resiko & pengalaman yang akan diperoleh nantinya. maka akan memberikan dampak kesadaran dan penguatan pada murid untuk melakukan hal-hal yang kreatif & inovatif.

#semangatguru2




Versi video pendeknya ⬇️





Semoga bermanfaat 🙏 Salam dan Bahagia 🇮🇩❤️ Yuk Merdeka!



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer