GENUS LYCOPODIUM

Ingin menuliskan salah satu karya dari teman saya dari Dompu NTB
Ratih Kurniatih namanya, seorang yang biasa-biasa saja namun punya dedikasi besar untuk selalu berusaha mengerjakan sendiri semua tugas kuliahnya. :)

GENUS LYCOPODIUM
Taksonomi

Genus            : Lycopodium
Species          : Lycopodium carinatum Desv., Lycopodium phlegmaria L.


Deskripsi famili:
Merupakan jenis tumbuhan paku perrenial dan hidup sebagai epifit di bawah dan melekat pada batang pohon-pohon pada habitat aslinya, yaitu hutan tropis.. Batang berbentuk bulat, kecil, keras dan memanjang seperti kawat (wiry stem). Dua cabang dikotomi (dichotomous branches) terbentuk pada ujung batang/cabang sebelumnya yang selanjutnya tumbuh menjadi cabang-cabang baru. Cabang-cabang kemudian dapat tumbuh hingga mencapai tanah dan menjalar membentuk sistem perakaran baru (rhizoma). Rhizoma berakar adventif merupakan bentuk modifikasi batang yang berfungsi selain sebagai alat trasport air dan nutrient untuk proses photosynthesis, juga sebagai alat perekat tanaman pada tempat tumbuhnya. Tergantung pada tempat tumbuhnya, rizhoma berakar adventif dapat menjalar di atas maupun di bawah media tempat tumbuhnya hingga mencapai kedalaman 5 - 15 cm. Rizhoma-rhizoma ini pun berpotensi untuk membentuk tunas baru yang kemudian dapat tumbuh menjadi tanaman baru (vegetative reproduction). Daun kecil (microphyll) berwarna hijau, berbentuk bulat hingga oval lonjong/lanceolate, pipih dengan satu tulang daun yang berada di tengah helaian. Daun melekat pada segmen-segmen batang yang mirip buku dengan susunan duduk daun berpasangan dengan sedikit alternasi. Sudut duduk daun berjarak seragam pada batang. Susunan daun-daun pada batang tanaman overlap linier dengan daun yang lain pada buku yang berikutnya, sehingga membentuk suatu rangkaian radial mirip mata rantai dengan bidang datar yang rata.Untuk reproduksi seksual, tanaman ini membentuk organ yang disebut strobilus yang biasanya tumbuh pada dasar duduk daun (microphyll axils). Sporangium sebagai tempat sel induk spora terdapat pada strobilus, berbentuk seperti ginjal. Pada fase gametofit, spora akan membentuk organ-organ gametangia, seperti arkegonium dan anteridium sebagai penghasil gamet-gamet jantan dan betina.





2 spesies GENUS LYCOPODIUM
Gambar 1. Famili Lycopodiaceae, 1. Lycopodium phlegmaria. 1a. Strobilus tempat duduknya spora (berada di ujung tanaman). 1b. Daun kecil (microphyll), bentuk bulat ujung meruncing dan batang pada ujung tanaman mengalami percabangan(dikotomi). 2. Lycopodium carinatum. 2a. Strobilus tempat duduknya spora.

Konstributor:


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer