Jurna Refleksil Dwi Mingguan Modul 2.1. Pembelajaran Berdiferensi "Reflective Storyboard"



Bismillah, Assalamualaikum orang baik :) semoga dalam keadaan sehat dan bahagia.

Baik kali ini saya akan menampilkan hasil karya saya berupa refleksi diri dengan model Papan cerita reflektif (Reflective Storyboard) yang saya gambar dengan alat seadanya dan tulisan saya yang agak jelek nantinya... Baik sebelum itu izinkan saya mengenalkan dan berkenalan sebagai berikut :

Fasilitator: Nur Muhammad 




Pengajar Praktik: Umriyah 




Calon Guru Penggerak: Abdulloh 


Baik, setelah saling mengenal maka semoga sayang 🤗. Nah yuk langsung kepada paparan namun sebelum itu ada baiknya tau tentang model refleksi ini. Apa itu Reflective Storyboard (Papan Cerita Reflektif) ?



Refleksi meodel Reflective Storyboard (Papan Cerita Reflektif), terdiri dari 4 Gambar bersambung yang mengilustrasikan refleksi anda tentang suatu peristiwa, kemudian disetiap gambar diberi penjelasan singkat untuk setiap gambar. Nah setelah terkoneksi dengan perkenalan dan refleksi yang akan saya paparkan maka langsung capcus ke karya saya berikut ini :




Penjelasan:

Tentang tumbuhnya bibit baru dalam perjalan saya sebagai pendidik. Hal yang bagi saya sangat luar biasa bernama pendidikan "pembelajaran berdiferensi". Banyak mengubah sudut pandang saya yang awalnya merasa mengajar itu sulit dengan banyak macam murid yang berbeda kebutuhannya dalam belajar namun kini dengan pembelajaran berdiferensi ini saya yakin pembelajaran di kelas akan berpusat pada murid secara otomatis.




Penjelasan:

Kemudian tanaman itu tumbuh akarnya kuat seperti yang saya harapkan bahwa pembelajaran berdiferensi akan menjadi akar yang kuat bagi pembelajaran yang berpihak pada murid. Mengapa? Karena sudah saya coba meskipun kurang maksimal namun siswa merasa gembira dan mengatakan "belajar seperti ini saja pak seru" begitu sambutan mereka yang juga mengatakan saya untuk terus berjuang menjadi guru yang keren dan menyenangkan.



Penjelasan:

Karena memiliki akar yang kuat maka meskipun batangnya patah dia akan tumbuh kembali karena didukung oleh sahabatnya yaitu matahari dan cacing yang akan berkolaborasi denganya. Seperti itulah pembelajaran berdiferensi akan kuat jika didukung oleh yang lainnya seperti lingkungan sekolah yang baik dan saling berkolaborasi dalam menyatakan semuanya. Tinggal bekerja sama dengan wali murid Dan lingkungan sekitarnya agar mendukung kebaikan ini.




Penjelasan:

Ketika sudah besar kelak si pohon akan memiliki buah atau setidaknya dahanya rimbun menaungi sekitar. Begitupun pembelajaran berpihak pada murid dengan cara pembelajaran "berdiferensi". Akan membuat anak teduh belajar di kelas dan sejuk mengikuti semua proses pembelajaran kelas dan saya berharap sesemua ini akan berbuah manis berupa "MERDEKA BELAJAR".


Berikut ini gambar lengkapnya, mohon maaf tulisannya masih kurang rapi :


Sekian semoga bermanfaat, menulislah dan berkaryalah..... semangART!







Konten jurnal Dwi Mingguan "Berdiferensi" :)



---->> Bagi pengunjung yang suka dengan konten visualisasi proses pembuatan PAPAN CERITA REFLEKTIF disertai musik bisa klik konten berikut :








---->> Bagi pengunjung yang suka dengan konten visualisasi dengan suara penjelasan PAPAN CERITA REFLEKTIF disertai musik bisa klik konten berikut :




Versi membaca sudah anda baca disini..... 
Sukses dan sehat selalu ♥️







Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer