Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya




Assalamualikum...bertemu kembali dengan pak aab disini. semoga kabar kalian sehat selalu dalam limpahan rahmat dan nikmat dari Alloh S.W.T. kali ini mari kita bahas materi tentang mikroskop, bagianya dan fungsinya


  Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa perkembangan tekhnologi yang ada didunia ini semakin lama semakin berkembang pesat di berbagai bidang, dan salah satunya adalah di bidang ilmu pengetahuan Biologi.

Didalam bidang ilmu pengetahuan biologi saat ini sudah ditemukan berbagai macam alat canggih, dan salah satunya adalah Mikroskop. Pada kesempatan kali ini Rumus.co.id akan membahasnya secara rinci.


Definisi Mikroskop

Mikroskop adalah sebuah alat yang dipakai untuk melihat suatu objek yang memiliki ukuran yang sangat kecil, karena objek tersebut terlalu kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Terdapat beberapa objek yang umunya diamati dengan menggunakan mikroskop, yaitu diantaranya Mikro Organisme, Jaringan yang ada didalam tumbuhan atau hewan, bakteri bahkan virus.

Jenis – Jenis Mikroskop

Berdasarkan sumber cahaya dan alat pembesarnya terdapat dua jenis mikroskop, yaitu :

1. Mikroskop Optik

Mikroskop cahaya atau optik adalah salah satu mikroskop yang menggunakan cahaya matahri atau lampu sebagai sumber cahayanya.

Pada Mikroskop ini memakai sebuah lensa yang terbuat dari kaca yang memiliki perbesaran maksimum hingga 1.000 kali. Didalam mikroskop jenis ini terdapat tiga jenis lensa yang digunakan, yaitu lensa okuler, lensa objektif, dan juga kondensor.

2. Mikroskop Elektron

Mikroskop elektron adalah salah satu mikrsokop yang berfungsi untuk mengamati bagian-bagian yang terdapat pada sel yang sangat halus atau yang sangat sulit dilihat jika dengan mata telanjang.

Dalam mikroskop elektron transmisi, terdapat elektron yang menembus spesimen dan kemudian akan dibiaskan ke medan magnet, sehingga mikroskop jenus ini mampu memperbesar bayangan dari suatu objek hingga 1.000.000 kali dari ukuran yang sebenarnya.

Bagian – Bagian Mikroskop Dan Fungsinya


Agar lebih jauh mengetahui tentang mikroskop, maka sebaiknya kalian harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian yang ada pada mikroskop dan fungsinya.

Bagian yang ada didalam mikroskop dibagi menjadi dua bagian, yaitu diantaranya sebagai berikut :

A. Bagian Optik

1. Lensa Okuler

Lensa okuler adalah lensa yang terletak di bagian ujung paling atas, dan digunakan untuk melihat suatu objek melalui lensa tersebut.

Okuler adalah salah satu lensa yang berfungsi untuk memperbesar bayangan dengan perbesaran 6 kali, 10 kali, atau bahkan 12 kali dari ukuran yang sebenarnya.

2. Lensa Objektif

Lensa objektif adalah sebuah lensa yang letaknya paling dekat dengan objek yang akan diamati. Terdapat tiga macam lensa objektif dengan perbesaran masing-masing 10 kali, 40 kali, 100 kali bahkan ada yang hingga 1000 kali pada jenis mikroskop terbaru.

Saat hendak menggunakan lensa objektif ini, harus diberikan minyak pelumas terlebih dahulu, karena benda atau objek yang diamati pada pembesaran 100 kali bisa bersentuhan dengan lensa.

3. Kondensor

Kondensor merupakan salah satu bagian yang ada didalam mikroskop dan dapat diputar naik dan turun, bagian ini berfungsi untuk memusatkan sebuah objek atau benda dan juga memperjelas cahaya yang akan dipantulkan oleh cermin.

4. Diafragma

Diafragma adalah salah satu bagian yang ada didalam mikroskop yang berfungsi untuk mengatur seberapa banyak cahaya yang akan digunakan untuk melihat suatu objek pada preparat.

5. Cermin

Cermin adalah salah satu bagian yang letaknya berada di bawah dan berbentuk bulat. Bagian ini berfungsi untuk menerima dan juga memantulkan cahaya ke arah preparat suoaya objek yang sedang diamati dapat terlihat dengan jelas.

Cermin yang ada didalam mikroskop dapat diarahkan ke segala arah guna memperoleh pencahayaan yang cukup terang.


B. Bagian Mekanik

1. Revolver 

Revolver adalah salah satu bagian mekanik dari mikroskop yang berfungsi sebagai pemutar lensa objektif, sehingga dapat mengatur pembesaran lensa yang diinginkan dan berada pada posisi yang dianggap siap digunakan.

2. Makrometer (Pemutar Kasar)

Makrometer atau disebut sebagai pemutar kasar adalah bagian mekanik dari mikroskop yang terletak dibagian lengan mikroskop. Bagian ini beruungsi untuk menaikkan dan juga menurunkan tabung mikroskop secara cepat.



3. Mikrometer (Pemutar Halus)

Mikrometer atau disebut sebagai pemutar halus adalah bagian mekanik dari mikroskop yang terletak diabgaian lengan mikroskop. Bagian ini umumnya berfungsi untuk menaikkan dan juga menurunkan tabung mikroskop secara lambat.

4. Tabung 

Tabung merupakan salah satu bagian mekanik dari mikroskop yang bentuknya mirip dengan teropong, dimana lensa-lensanya terletak dibagian okuler dan revolver.

5. Lengan Mikroskop

Lengan mikroskop adalah salah satu bagian yang berfungsi sebagai tempat pegangan bagi seorang pengamat. Tujuan dari adanya bagian ini untuk memberikan kenyamanan kepada seorang pengamat saat memakai mikroskop.

6. Kaki Mikroskop

Kaki mikroskop termasuk kedalam bagian dasar yang berfungsi untuk menopang mikroskop secara keseluruhan, dan juga sebagai penyangga pada saat mikroskop akan dipindahkan. Umumnya kaki dari mikroskop ini memiliki bentuk persegi empat.

7. Meja Benda (objek) 

Meja Benda adalah salah satu bagian yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan sebuah objek yang akan diamati. Namun pada bagian ini, terdapat sebuah penjepit yang berfungsi untuk menjaga objek agar tetap berada ditempatnya.

8. Sendi Inklinasi

Sendi inklinasi atau disebut sebagai pengatur sudut merupakan salah satu bagian yang terdapat didalam mikroskop yang berfungsi untuk mengatur sudut tegaknya mikroskop.

9. Reflektor

Reflektor adalah salah satu bagian yang terdapat didalam mikroskop yang berfungsi untuk memantulkan cahaya yang berasal dari cermin ke objek yang sedang diamati melalui sebuah lubang yang ada di meja objek.

Bagian ini terdapat 2 jenis cermin yang digunakan, yaitu cermin datar yang digunakan pada saat cahaya yang dibutuhkan sudah terpenuhi dan cermin cekung yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya.

Apa yang dimaksud dengan Mikroskop?

Mikroskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk melihat objek yang berukuran sangat kecil.

Fungsi utama dari Mikroskop adalah?

Fungsi utama dari Mikroskop adalah untuk melihat dan juga mengamati berbagai objek yang mempunyai ukuran sangat kecil, sehingga tidak dapat dilihat dengan menggunakan mata telanjang.

Siapa penemu dari alat Mikroskop?

Zacharias Janssen dikatakan sebagai penemu dari Mikroskop yang pertama kali pada tahun 1590.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini tentang Bagian – Bagian Mikroskop Dan Fungsinya, semoga ulasan kali ini bermanfaat.

jangan lupa absensi di kolom komentar dibawah ini

materi tambahan

ppt


Komentar

  1. Nama : Nauval Mautidhony Syaifullah
    No.Ab : 22
    Kelas : VII

    BalasHapus
  2. Nama:M.Syahrul hidayattulloh
    absen :16
    klas:7 A

    BalasHapus
  3. Nama:Nara Athallah Al Firas
    Absen:21
    Kls:7a

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama: Indyani Ayu Sofia
    Absen: 13
    Kelas: VIIa

    BalasHapus

  6. Nama moh tri aditya fararel tc
    No absen 18

    BalasHapus
  7. Nama:ilhamibnuachmad
    No.ab:12
    Kelas:Vll A

    BalasHapus

  8. 1Pada gambar 2.19 dan tabel 2.5 kmu dapat mempelajari mikroskop
    Cahaya berserta bagian bagian dan fungsi
    2 selain itu kmu juga akn mengenal mikroskop elektron yang bisa digunakan untuk meliah mik
    3 mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan mikroskop cahaya.

    BalasHapus
  9. Nama Muhammad Yusron iyus kelas VII-A absen20

    BalasHapus
  10. Nama Muhammad Yusron iyus kelas VII-A absen20

    BalasHapus
  11. Nama :Prima Juliansyah
    Kelas : 7A
    No absen :25.

    BalasHapus
  12. Nm : bulan suci wahyuni
    Kls :7A
    No.absen : 4

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Nama :Desta Tri Qobidilah
    No. Absen:05
    Kelas :7A
    Panggilan. :Dedi

    BalasHapus
  15. Nama: Masyito Robi'atul Adawiyah
    Kelas: 7B
    No.absen: 15

    BalasHapus
  16. Nama : Nur liyana afkarina
    Kelas : 7b
    No abs : 25

    BalasHapus
  17. Nama: Aska Najhan ramdani
    Kls:7B
    No absen:05

    BalasHapus
  18. Nama:Miftahul Vaizin
    Kls:7b
    Absen:16

    BalasHapus
  19. Nama: Hoirul Anam
    Kls:7B
    No absen:10

    BalasHapus
  20. *Nama: Mohammad Sobrun Jamil*
    *kls:7b*
    *No:20*

    BalasHapus
  21. Nama: keno rizky ramdhani
    No:13
    Kls:7b

    BalasHapus
  22. Nama: wardatun ula
    Kls: 7b
    No absen: 30

    BalasHapus
  23. Nama:Roihanul firdausiyah
    Kls:7b
    No:26

    BalasHapus
  24. Nama:Naura ayu shabira H.
    Kls:7b
    No:23

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer