Gerak Pada Hewan dan Tumbuhan

Abdulloh aup

Assalamualaikum, masih dalam suasana Idul Adha dan kita tetab melakukan belajar dari rumah. semoga dalam suasana Idul Adha ini menjadikan motivasi baru untuk kebaikan kita semua. sebelumya siapkan buku catatan dan alat tulis kalian, mari kita lanjutkan materi berikutnya setelah sebelumnya kita menyelesaikan materi Newton & gerak. tahukah kamu bahwa semua makhluk hidup itu bergerak? Bahkan pada tumbuhan yang kelihatannya tetab pada posisinya, ternyata bergerak, lhoNah, pada materi kali ini  kita bahas bersama yuk mengenai gerak pada makhluk hidup setelah materi yang lalu kita membahas gerak menurut Newton. Eitsenggak hanya itu aja, ada juga penjelasan tentang macam-macam gerak yang terjadi pada sebuah objek/benda juga. Ayo mari kita mulai!
Walau sebenarnya gerak terjadi pada semua makhluk hiduptetapi tidak semuanya dapat kita amati secara langsung. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa gerakan yang membutuhkan waktu dan terjadi sedikit demi sedikit. Gerak pada makhluk hidup dibagi menjadi dua, yaitu gerak pada hewan dan gerak pada tumbuhan. semua gerakan  yang terjadi juga dapat dibedakan berdasarkan intensitas pergerakanya menjadi gerak aktif dan gerak pasif. gerak pasif ini contohnya gerak pada tumbuhan sedangkan gerak aktif seperti gerak mahluk hidup yang memiliki alat gerak.


gambar-animasi-orang-berpikir-gif-bergerak – Satria Physics

Gerak pada Makhluk Hidup
Secara ilmiah, gerak pada makhluk hidup adalah suatu bentuk reaksi makhluk hidup terhadap rangsangan. Hewan mempunyai alat gerak aktif seperti kaki, sayap, atau sirip maka gerakan yang terjadi disebut dengan gerak aktif. Sementara bagi tumbuhan yang tidak mempunyai alat gerak aktif, geraknya disebut dengan gerak pasif.


▷ Berjalan: Gif Gambar Animasi & Animasi Bergerak - 100% GRATIS!


1. Gerak pada Tumbuhan
Berdasarkan macam rangsangnya, gerak yang terjadi pada tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu gerak autonomy (endonom), gerak esionom, dan gerak higroskopis.
  • Gerak Autonomy
Gerakan yang tidak diketahui secara jelas penyebabnya, ilmuwan menduga gerakan ini berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri. Contohnya, gerak plasma sel.
  • Gerak Esionom
Terjadi pada tumbuhan karena adanya rangsangan dari luar, gerak esionom dibedakan menjadi 3, seperti di bawah ini.
Tropisme: Gerak tumbuh pada tumbuhan untuk menjauhi atau mendekati rangsangan, misalnya fototropisme, geotropism, hidroteopisme.
Positive Phototropism | Demonstration on Make a GIF
Contoh fototropisme, tumbuhan mendekati sumber cahaya (Sumber: make a gif.com)
Taksis: Berpindah tempat untuk menuju atau menjauhi arah datangnya rangsangan, misalnya kemotaksis dan fototaksis.
Nasti: Melakukan reaksi terhadap rangsangan dari luar yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh rangsangan, misalnya seismonasti, niktinasti, dan termonasti.
  • Gerak Higroskopis
Gerak bagian tumbuhan yang terjadi karena perubahan kadar air dari sel-selnya, sehingga tumbuhan tersebut mengalami pengerutan yang tidak sama pada bagian-bagiannya. Misalnya, terbukanya buah cemara.
Pine Cones GIF by Cheezburger

life pine GIF

GIF by KQEDScience
Buah Pinus yang mengering akan terbuka, hal ini dilkukan untuk melepas biji yang telah matang (Sumber : giphy.com)
Buah cemara yang sudah matang akan kering lalu segmen-segmen buahnya akan terbuka seperti yang terjadi di atas.
2. Gerak pada Hewan
Pada umumnya, hewan invertebrata mempunyai alat gerak khusus, misalnya mollusca menggunakan kaki otot seperti bekicot. Colenterata menggunakan tentakel seperti ubur-ubur, dan masih banyak lagi hewan invertebrata lain yang mempunyai alat gerak khusus. Sementara, pada vertebrata terdapat tulang dan otot sebagai alat gerak, otot berperan sebagai alat gerak aktif dan tulang sebagai alat gerak pasif, contoh alat gerak pada vertebrata, misalnya kaki, sirip, atau sayap.
Frame By Frame Bird GIF

Animated The Beatles GIF

Happy Fish GIF by BBC America
Selain mempunyai kaki, burung juga mempunyai sayap untuk bergerak/terbang (Sumber: giphy.com)
Burung menggunakan kedua sayapnya untuk bergerak (terbang) dengan gabungan otot yang kuat dan tulang yang ringankepakan sayap burung akan membuat gaya angkat yang memungkinkan burung untuk terbang. Ikan juga memiliki alat gerak khusus yang sudah tuhan ciptakan untuk sesuai dengan tempat hidupnya yaitu didalam air. Alat gerak ikan berupa sirip dan ekor yang membantunya bergerak cepat didalam air sedangkan kita bergerak dengan alat gerak berupa tangan dan kaki dimana didalamnya terdapat alat gerak aktif berupa otot dan alat gerak pasif yang berupa tulang yang dibantu oleh sendi. Nantinya kita akan bahas pada materi ke tiga tentang gerak pada manusia.
Setelah kita mengetahui gerakan yang terjadi pada makhluk hidup, sekarang kita akan membahas gerakan yang terjadi pada sebuah benda.
3. Gerak pada Benda 
Merupakan sebuah sebuah perubahan kedudukan benda terhadap suatu titik acuan yang diam. Maksud dari titik acuan adalah titik awal benda tersebut berada, atau titik tempat pengamat itu berada.
  • Gerak menurut Keadaan Benda
Gerak sebenarnyaGerak benda yang benar-benar terjadi ditinjau dari titik acuan yang diam. Contohnya kelapa jatuh dari pohon menuju tanah.
Orange Tree Fall GIF by Irannis
Buah jeruk jatuh (sumber: giphy.com)
Jika dijelaskan secara ilmiah, jeruk yang ada di pohon berada pada titik acuan "A" kemudian karena sudah masak, maka jeruk tersebut jatuh ke tanah. Saat jeruk di tanah, maka jeruk ada pada titik acuan "B". Karena adanya perpindahan titik acuan, maka jeruk tersebut dikatakan bergerak, dengan bentuk gerak sebenarnya (objeknya berpindah).
Gerak semu: Gerak tidak nyata yang dihasilkan karena gerakan pengamat. Jadi, benda itu sebenarnya diam, tetapi terlihat bergerak karena gerakan yang dilakukan pengamat. Contohnya matahari terbit dan terbenam, sebenarnya matahari diam, tetapi karena bumi berotasi, maka matahari seolah bergerak terbit dan terbenam.
pacific ocean GIF
Matahari terbenam (Sumber: giphy.com)
Nah, gerakan-gerakan yang terjadi pada sebuah benda dapat dikelompokkan menurut bentuk lintasan bendanya. Berikut adalah materi tambahan dalam bentuk tayangan powerpoint, selamat menyimak dan jangan lupa yang dirasa materi penting silahkan dicatat sebagai pengayaan materi sealain dari buku paket.



Download / Unduh PPT KLIK DISINITambahan untuk materi yang sudah kita bahas kemarin tentang gerak pada benda :
  • Gerak menurut Lintasan Benda
Gerak lurus: Gerakan yang lintasannya berbentuk garis lurus. Ada 2 jenis pada gerakan garis lurus, yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).
Gerak melingkar: Gerakan yang lintasannya melingkar, misalnya gerakan pada jarum jam.
Gerak parabola: Gerakan benda yang lintasannya berbentuk lingkaran tidak penuh, misalnya gerakan bola yang ditendang saat tendangan bebas dan membentuk sudut kemiringan tertentu.
France Nt GIF
Bola yang ditendang akan menghasilkan lintasan yang berbentuk parabolik (Sumber: giphy.com)
begitulah penjelasan mengenai gerak pada makhluk hidup, gak nyangka kan kamu kalau tumbuhan bergerak juga? Kesimpulannya adalah semua benda mati atau makhluk hidup bergerak, tetapi bentuk gerakannya berbeda satu sama yang lain. Jika makhluk hidup bergerak karena rangsangan, benda mati bergerak karena adanya gaya yang diberikan kepada benda tersebut.

TUGAS

Buatlah peta pikiran tentang materi gerak benda, hewan dan tumbuhan. Silahkan foto dan dikirim via WA dengan cara KLIK DISINI dengan format pengumpulan
Nama :
Kelas   :
Absen  :

Jangan lupa absensi & pengumpulan tugas KLIK DISINI

Bagi yang belum jelas bisa tinggalkan pertanyaan dikolom komentar dibawah ini atau Via WA. Terima kasih salam SemangART!


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama: Rahmat Hidayat
    Kelas:8C
    Nomer absen:21

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Nama:serly amelia
    Kela:8c
    No.absen:23

    BalasHapus
  5. Nama:Safaril akmal
    Kelas:8c
    No.absen:²²

    BalasHapus
  6. Nama: Nayla aurilia putri
    Nomer: 18
    Kelas: VIII-C

    BalasHapus
  7. Nama:Agus jamaluddin
    Kelas:8c
    No.absen:02

    BalasHapus
  8. Nama:Agus jamaluddin
    Kelas:8c
    No.absen:02

    BalasHapus
  9. Nama:Agus jamaluddin
    Kelas:8c
    No.absen:02

    BalasHapus
  10. Nama:Aida Fitriya
    Kelas:8c
    No absen:03

    BalasHapus
  11. Nama: Marisya Anggraini
    Kelas : 8C
    Absen: 15

    BalasHapus
  12. Nama:R.beteh np
    Kelas:8c
    No.absen:20

    BalasHapus
  13. Nama=Nadiatul Maulidia Rachman
    Kls=8c
    No. Absen=17

    BalasHapus
  14. Nama:seltika afionita
    Kls:8d
    No. Absrn:29

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer